Diposkan pada Audio Visual

PRESLOGind

Premis dan Logline, hal ini antara lain;

  • Kesederhanaan premis itu sangat mudah dipahami namun kesederhanaan inilah yang menanggung sebuah masalah besar, yakni sulit dipahami oleh kalangan umum, apalagi pembaca yang awam.
  • Premis memang sangat singkat dan berguna sebagai unsur terpenting dalam skrip, Logline adalah penyambung maksud penulis kepada pihak produksi dalam bahasa yang lebih mudah dimengerti.
  • Logline itu adalahh istilah yang biasa digunakan di luar negeri, khususnya di Amerika. Premis lebih khusus dan sifatnya teknis sekali.
  • Premis memang memiliki aturan 25 kata, atau dianggap tidak valid. Logline mengutamakan pemahaman pembaca.
  • Logline mengandalkan meme, seperti sebuah kalimat indah, dibuat sedemikian rupa sehingga mudah ditangkap. Memiliki unsur narasi yang sangat bertutur (narasi tekstual).

Sebagian besar penulis ternyata memang masih menggunakan Logline daripada Premis, alasannya menghilangkan pola yang sama dan terbaca lebih atraktif dalam berkas pitching (proposal). Pola premis terbaca agak klise apalagi memiliki pola yang sama. Klise ini akan nampak sekali bila ditambah kesingkatan dan keefektifan dalam satu kalimat saja. Sebuah Logline disisi lain bisa lebih panjang dan kadang terdiri atas 2-3 kalimat. Pada dasarnya logline memiliki struktur yang sama yakni; tokoh dan latar belakangnya, hasrat (keinginan;needs dan wants), konflik dan keunikan cerita.

Angela Bourassa menyukai logline Memento dan Eternal Sunshine of The Spotless Mind, dia adalah founder dari LA Screenwriter Logline Competition. Dalam artikel scriptmag dia mengatakan; Logline adalah semacam seni tersendiri, seperti puisi berkalimat satu, sebuah janji pada naskah pada film anda, sangat imajinatif namun sederhana, sangat komersil namun unik.

Blake Syder mengartikan “logline” dengan cara yang sederhana yakni kalimat yang merangkum cerita dengan cara ironis. Berikut adalah contoh – contoh logline yang praktis

Siswa SD yang tidak sengaja mencium pipi temannya, Lili. Joshua takut Lili hamil, ia menjual seluruh kelerengnya untuk menikahi Lili. (Joshua karya Alvin Ardiansyah pada finalis Film Terbaik XXI Short Film Festival 2015)

Harry Sanborn, pengusaha berusia sebaya dengan kesukaan kepada wanita yang lebih muda seperti Marin, girlfriend terbaru-nya. Kenyataan pahit mulai berdatangan keetika dia mengalami serangan jantung di rumah ibu Marin, Erica penulis novel cinta yang kerap judes terhadapnya. Di tengah kesuksesannya, tumbuh krisis paruh baya, diantara dua wanita. (something gotta give)

Seorang lelaki menderita penyakit yang membuat dia tidak bisa mengingat apapun yang di alami sehari sebelumnya. Mencari pembunuh istrinya dia hanya mengandalkan catatan berupa tato yang memenuhi sekujur tubuhnya. (memento)

Sepasang muda-mudi secara misterius langsung jatuh cinta pada pandangan pertama, anehnya keduanya mengaku memiliki masalah dengan ingatan masa lalunya. Dalam perjalanan untuk menyembuhkan penyakit mereka, mereka menyadari dan menemukan awal serta akhir dari percintaan mereka. (eternal sunshine of the spotless mind)

Forest, memiliki keterbelakangan mental yang membuatnya bodoh, keluguannya melawan niscaya alam; sebagai pahlawan di masa keemasan sejarah Amerika dan ingin memenangkan cinta Jenny, seorang cantik yang berusaha kabur dari dunia. (Forrest Gump)

Footage yang berasal dari isi kaset dokumenter yang dilakukan oleh tiga mahasiswa menghilang tanpa jejak, pencarian sumber mitos tentang nenek sihir yang menghantui hutan di Maryland. (blair witch project)

Seorang pengamen keliling yang di cari-cari sekumpulan preman dan juga polisi atas pembunuhan seorang playboy dan juga akuntan para gembong kejahatan yang disangka dia lakukan.

Sebuah perkemahan di sebuah pertanian oleh sekumpulan anak muda di hutan berubah menjadi pelarian hidup-mati, karena satu kampung pertanian berubah menjadi zombie.

demikianlah masalah premis dan logline, nanti akan ada pembahasan logline yang lebih mendalam. Kalau ada pertanyaan bisa langsung kirim ke email saya dan, masukan dan kritik apapun sangat berarti bagi saya.

Iklan

Penulis:

Makassar Culture , Like to operating audio visual

Ditandai: